Friday, May 7, 2010

Strategi niche market = blue ocean strategy

Untuk dapat bersaing dengan kompetitor tidak selalu harus 'bertarung' secara head-to-head. Terkadang strategi niche lebih menguntungkan perusahaan. Ini terbukti dari apa yang dilakukan oleh Nintendo dalam memenangkan pangsa pasar dalam pertarungannya dengan Sony dan Microsoft. Contoh kasus ini diambil dari pertarungan nintendo wii dengan Sony PS 3 dan Microsoft Xbox 360.

Sebelum Nintendo membuat produk wii, Nintendo sempat mengalami penurunan pangsa pasar dalam berhadapan dengan Sony PS 2, belum lagi ditambah Microsoft yang berpenetrasi ke pasar game console dengan Xbox 360 versi pertamanya.Dalam segmentasi PS 2 maupun Xbox 360 lebih kepada Hard core gamer yang mana hanya kalangan tertentu saja dapat memainkannya. Namun dalam pengembangan produk selanjutnya Nintendo justru berpikir ke arah lain dengan men-segmentasi pasarnya ke kalangan keluarga, yang mana dapat dimainkan orang tua maupun anak-anak sekalipun. Maka diciptakan lah Nintendo Wii.

Berikut fakta yang ada dalam penjualan wii versus PS 3 dan Xbox 360 :

June 30, 2007 – June 30, 2008
-----------------------------
- Sales of Wii hardware increased 1.74 million, and software sales for Wii increased 24.42 million units.
- Nintendo’s net sales were up more than 20 percent, Wii was outselling its rival (PS3 and Xbox 360)
- Net income was up more than 30 %
- Nintendo’s 4 primary geographic operating segments were :
Japan = 11.1 % net sales
Americas (US & Canada) = 39.6 % net sales
Europe = 42.8 % net sales
Other countries (Korea & Australia) = 6.5% net sales

Nintendo Wii sales report

Ini membuktikan apa yang dilakukan oleh Wii adalah bermain di pasar yang unik yang belum dimasuki oleh para kompetitor, sehingga dengan leluasa Nintendo dapat menentukan margin yang diinginkannya. Berarti Nintendo telah membuka suatu peluang baru dalam bisnis yang membentuk sebuah 'lautan luas yang belum dihuni oleh siapapun' (Blue Ocean Strategy). Inilah yang menjadi sebuah peluang sangat besar untuk meningkatkan pendapatan dan meraup pangsa pasar sebesar mungkin.

0 comments:

Post a Comment