Sunday, May 9, 2010

BSC vs IT BSC ?

Kaplan dan Norton telah menciptakan balanced scorecard yang digunakan pada level enterprise. Pada Business Balanced Scorecard, hal yang paling utama diperhitungkan adalah perspektif finansial, kemudian baru diikuti oleh perspektif customer, internal proses perusahaan dan yang terakhir adalah perspektif pembelajaran dan inovasi (learning and innovation perspective).

Dalam kaitannya dengan IT maka business balanced scorecard memicu adanya IT balanced scorecard, yang mana IT development BSC dan IT Operational BSC digunakan sebagai enabler(penggerak) bagi Enterprises BSC.

Berikut ini adalah komponen-komponen dalam IT balanced scorecard :

IT BSC
(sumber : grembergen)

Dari komponen-komponen didalam IT balanced scorecard, maka kriteria-kriteria tersebut digunakan untuk mencapai suatu IT excellence yang mana akan berkaitan dengan kontribusi IT terhadap bisnis organisasi. Pencapaian dalam setiap komponen tersebut akan meningkatkan membantu organisasi dalam meningkatkan kinerja bisnis.

Dibawah ini adalah relationship cause-effect dalam IT balanced scorecard terhadap Business balanced scorecard :

cause effect it bsc
(sumber : grembergen)

Dari keterkaitan antara IT balanced scorecard terhadap kaitannya dengan performa bisnis organisasi, maka IT balanced scorecard adalah sebuah enabler bagi business balanced scorecard.

bsc enabler
(Sumber:Grembergen)

0 comments:

Post a Comment