Saturday, May 8, 2010

Pengertian Adaptive Management

Pengertian adaptive management itu sendiri adalah sebuah struktur, proses yang berulang-ulang untuk pengambilan keputusan pada suatu kondisi yang tidak menentu, dengan tujuan mengurangi ketidakpastian dari waktu ke waktu melalui sistem monitoring. Semakin banyak pengambilan keputusan yang dialami terhadap resource objective, baik secara pasif maupun aktif akan meningkatkan future management. Dengan kata lain Adaptive management sebuah proses 'learning by doing'.

Bentuk dari Adaptive management ada 2, yaitu : passive Adaptive management dan active Adaptive management.

Passive
adaptive management dimulai dari dengan menggunakan predictive modeling (prediksi) dengan memanfaatkan informasi yang ada saat ini untuk suatu pengambilan keputusan. Bersamaan dengan pengumpulan dari knowledge-knowledge tersebut maka suatu model tersebut juga di-update sekaligus dengan berdadaptasinya pengambilan keputusan.

Active adaptive management
merupakan sebuah perubahan dalam pengelolaan pengambilan keputusan secara strategis secara bersamaan yang diperuntukkan menciptakan sebuah hipotesa baru dalam pengambilan keputusan. Kalau sebuah passive adaptive management lebih ke arah meningkatkan pendekatan pengelolaan saat ini, sedangkan active adaptive management lebih ke arah 'belajar melalui suatu eksperimental' untuk menentukan strategi pengambilan keputusan strategis yang terbaik.

Teknik adaptive management inilah yang diadopsi oleh search engine dalam meningkatkan kemampuan pencariannya. Jadi dari suatu knowledge management maka sebuah search engine berangkat dari hal tersebut menjadi adaptive management. Hal ini dikarenakan informasi yang ada dalam dunia ini selalu berubah-ubah dan mengalami yang namanya 'cycle' untuk itulah search engine menggunakan adaptive management untuk meningkatkan model pendekatan pencarian informasi.

Berikut adalah suatu tahapan dalam proses adaptive management :

adaptive management




0 comments:

Post a Comment